Senin, 15 Oktober 2012

Fakta Unik Tumbuhan

Tanaman adalah makhluk hidup yang memiliki nilai sangat penting dalam ekosistem bumi kita yang semakin panas ini .Didunia ini memang banyak sekali jenis dan keunikannya yang belum pernahterpikirkan sebelumnya.

Tumbuhan adalah tempat hidup bagi satwa tanpa mereka kita mungkin tidak bisa hidup. Karena tumbuhan mengeluarkan oksigen sebagai hasil fotosintesisnya. Oksigen inilah yang sangat di butuhkan baik oleh manusia, hewan dan tumbuhan sendiri untuk proses respirasi.

Di dunia ini sangat banyak tumbuhan dengan beragam fakta yang unik dan menarik diantaranya :




1. Bunga terbesar didunia












Bunga terbesar didunia yaitu Rafflesia arnoldii,tanaman ini bisa tumbuh 1 meter dan beratnya bisa mencapai 11 kg.tanaman ini hanya bisa tumbuh di dataran Sumatra dan Kalimantan



2. Bunga terkecil didunia


Kalau tadi kita bicara soal bunga terbesar.Sekarang apa kalian tahu bunga terkecil didunia. Bunga terkecil didunia yaitu jenis genus Wolffia, sejenis tanaman tanpa akar yang sangat kecil pada jenis keluarga duckweed (Lemnaceae) yang hidup di aliran air yang tenang dan kolam.

Tanaman ini memiliki 2 jenis yaitu : Wolffia augusta, spesies Australia, dan Wolffia globosa, spesies tropis.rata - rata bunganya memiliki bobot 150 mikrogram,dan memiliki ukuran 1 mm.



3. Tumbuhan dengan benih terbesar

 

Tumbuhan dengan benih terbesar adalah Coco-de-Mer Palm (Lodoicea maldivica) yang berasal dari Kepulauan Seychelles di Samudra Hindia.benih ini bisa mencapai panjang 12 inchi,dan beratnya bisa mencapai 40 pound.



4.  Tumbuhan dengan benih terkecil didunia

 

Tumbuhan dengan benih terkecil yaitu berasal dari keluarga anggrek (Orchidaceae). Satu benih beratnya hanya mencapai 1/35.000.000 ounce!.



5. Pohon tertinggi di dunia



Apakah anda tau pohon tertinggi didunia...???.pohon dengan rekor paling tinggi di dunia yaitu pohon di Taman Nasional Redwood yang dinamai Stratosphere Giant.pohon ini mampu mencapai ketinggian 113 meter.



6. Tumbuhan dengan organisme terbesar di dunia
 
 

Organisme terbesar di dunia yaitu sejenis jamur (Fungus) yang bernama armillaria ostoyae atau jamur madu. Jamur ini hidup di Hutan Nasional Malheur di daerah timur Oregon, USA. Jamur itu hidup 3 kaki di bawahpermikaan tanah tanah dan memiliki luas sekitar 890 hektar dan berusia sedikitnya 2400 tahun, bahkan lebih! ternyata organisme yang hidup di bawah tanah itu ternyata bukan gerombolan jamur, tapi hanya satu jamur saja!



7. Tumbuhan purba

 

Percaya atau tidak tumbuhan purba ini sudah ada sejak jaman Jurrasic dan triassic (135-210 juta tahun yang lalu)! Tumbuhan ini di beri nama maidenhair atau dikenal dengan nama spesies Ginkgo atau Ginkgo Biloba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar